Mengenal Siklus Hidup Virus Komputer

Mengenal Siklus Hidup Virus Komputer

Evil Kaze - Mengenal Siklus Hidup Virus Komputer - Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi info atau pengetahuan untuk kita semua tentang Mengenal Siklus Hidup Virus Komputer. Hmm ngomongin soal virus, siapa yang suka virus gan? :v pasti ga ada lah ya hehe. Virus dapat mengganggu kinerja komputer kita, menghapus data data atau file file peting kita, mencuri file pribadi kita, dan bisa memata matai komputer kita. Tidak bisa dipungkiri, setiap komputer didunia ini bisa saja terinfeksi dengan virus. Mulai dari virus yang biasa biasa saja sampai virus yang mengancam komputer kita.

Seperti makhluk hidup pada umumnya, virus juga memiliki fase hidup loh? ingin tahu lebih lanjut? yuk simak artikel Mengenal Siklus Hidup Virus Komputer ini gan. Siklus Virus komputer hampir mirip dengan virus sebenarnya. Siklus virus komputer memiliki 4 fase dalam hidupnya di komputer. apa saja? ini dia :

Dormant Phase (Fase Istirahat/Tidur)

Pada Fase ini si Virus Tidaklah Aktif  atau tidak melakukan kegiatan sampai pada keadaan tertentu yang dapat membuat si Virus ini dapat aktif dan bangun dari tidurnya. Pemicu Virus ini aktiv Misalnya Tanggal yang sudah di setting oleh pembuat virus ini, untuk menghidupkan virus, atau dari aplikasi/program lain yang dimana ketika program tersebut dijalankan maka si Virus akan bagun dari tidurnya

Propagation Phase (Fase Penyebaran)

Pada Fase ini si Virus akan Mengkloning dirinya kepada suatu aplikasi/program atau ke sebuah media penyimpanan (baik Harddisk , Flashdisk atau sebagainya) . Si Virus mencari celah yang aman untuk disusupi dan menerlorkan dirinya disitu. Virus dengan siklus seperti ini yang sering kita jumpai sekarang.

Trigerring Phase (Fasen Aktif)

Pada fase ini si Virus akan Aktif setelah ada pemicu dari hal hal lain layaknya Dormant Phase

Execution Phase (Fase Eksekusi)

Pada fase ini si Virus akan Melaksanakan Tugasnya . Misalnya : menghapus file/berkas, mengubah extensi, merename file/drive, memata-matai komputer kita, atau bisa juga memformat penyimpanan data kita.

Sekian pembahasan admin tentang Mengenal Siklus Hidup Virus Komputer semoga bermanfaat bagi kita semua. Sumber


Bantu berikan kami saran atau kritik untuk blog ini. Silakan kirim saran kalian melalui laman Contact Form yang Kami Sediakan. [Klik Disini] Bisa juga untuk request atau tanya tanya. Dan Gunakanlah Form ini untuk melaporkan adanya link rusak [Klik Disini]

Silahkan tinggalkan Komentar anda, dilarang spam, link aktif dll


EmoticonEmoticon