Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Yang Wajib Diketahui

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Yang Wajib Diketahui

Evil Kaze - Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Yang Wajib Diketahui - Windows adalah sistem operasi paling populer yang digunakan pada masa ini apalagi Dinegara kita Indonesia. Ada banyak jenis dan tipe Windows misalnya windows XP,Vista,7,8,8.1, dan yang terbaru adalah Windows 10 selain itu ada juga Basis Sistem yang berbeda diantara Windows Ini.

Sejauh ini ada 2 basis sistem yang berbeda pada windows, yakni 32bit dan 64bit. namun para pengguna windows tidak terlalu memerhatikan dan memikirkan tentang basis sistem ini. Padahal ada perbedaan antara kedua basis sistem ini, Apa saja? yuk simak artikel berikut ini.

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Jumlah Ram Yang dapat digunakan

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Yang Wajib Diketahui
Perbedaan paling mendasar antara kedua basis sistem ini adalah Jumlah Maksimal penggunaan RAM yang bisa digunakan. Setiap basis memiliki batasan maksimal yang berbeda. Batasan penggunaan RAM pada windows 32bit lebih kecil dari pada 64bit. Windows 32bit memiliki batasan maksimal penggunaan RAM hanya tidak lebih dari 4GB (hanya sekitar 3,2GB saja). Windows 32bit lebih optimal jika menggunakan RAM 1 - 2 GB saja. Sedangkan windows 64bit dapat membaca atau menggunakan RAM lebih dari 4GB. jika windows 32bit dipasangi RAM sebesar 4GB maka yang terbaca hanyalah 3GB saja karena terdapat perbedaan arsitektur processor antara 32bit dan 64bit.

Performa 32bit dan 64bit


Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Yang Wajib Diketahui

Perbedaan basis sistem 32bit dan 64bit sebenarnya ditentukan oleh kemampuan processor-nya. Tentu saja jika dibandingkan antara 32bit dan 64bit , teknologi 64bit lebih baru dari pada 32bit. Windows 32bit dengan processor 32bit juga performanya berada dibawah Windows 64bit dan processor 64bit. Windows 32bit lebih cocok digunakan untuk pekerjaan ringan dan sangat tidak cocok digunakan untuk pekerjaan berat misalnya desain, editing, gaming yang membutuhkan performa yang bagus.

Kompabilitas Software yang dapat digunakan


Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Yang Wajib Diketahui

Perbedaan yang sangat penting antara kedua basis sistem ini adalah Kompabilitas software yang dapat digunakan. Pada windows 32bit tidak bisa menjalankan software berarsitektur 64bit. sedangkan windows 64bit dapat leluasa menjalankan software 32bit maupun 64bit.

Kekurangan dan Kelebihan Windows 32bit dan 64bit

Kelebihan Windows 32bit

  • Dapat menjalankan aplikasi atau software lawas yang berbasis 16bit
  • Lebih Kompatibel dengan driver lawas dan cocok untuk laptop atau komputer lawas
  • Dapat bekerja optimal walau hanya menggunakan 2GB ram saja

Kekurangan Windows 32bit

  • Hanya sedikit software terbaru yang kompatibel yang mengeluarkan untuk windows 32bit
  • Tidak bisa menggunakan Ram lebih dari 4GB
  • Tidak bisa menjalankan software yang berat seperti After Effect dan Game game berat

Kelebihan Windows 64bit

  • Lebih cepat dan Efisien
  • Dapat menggunakan Ram lebih dari 4GB
  • Dapat menjalankan software 32bit maupun 64bit serta software terbaru yang mengutamakan grafis
  • Dapat membuat kinerja processor lebih optimal dari pada 32bit

Kekurangan Windows 64bit

  • Tidak cocok digunakan di PC lawas


Referensi : jalantikus



Bantu berikan kami saran atau kritik untuk blog ini. Silakan kirim saran kalian melalui laman Contact Form yang Kami Sediakan. [Klik Disini] Bisa juga untuk request atau tanya tanya. Dan Gunakanlah Form ini untuk melaporkan adanya link rusak [Klik Disini]

2 komentar

Silahkan tinggalkan Komentar anda, dilarang spam, link aktif dll


EmoticonEmoticon